Jumat, 20 Januari 2012

Dasar-Dasar Internet

   Internet merupakan hasil perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Digunakan oleh manusia dalam berbagai aktifitasnya, seperti untuk mencari informasi, berkomunikasi, hiburan, dan aktifitas lainnya. Internet memudahkan manusia untuk melakukan berbagai aktifitas tanpa terbatas oleh tempat dan waktu.


   Sejak diciptakan pada 1970-an, Internet terus memikat untuk di eksplorasi, digali, serta dikembangkan oleh para ahli dan pemerhati teknologi. Internet juga mudah digunakan oleh siapapun, bahkan mereka yang hanya memiliki pengetahuan yang relatif minim juga dapat dengan mudah menggunakan internet dengan baik.
   Internet adalah singkatan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan antarjaringan komputer (network). sedangkan network sendiri diartikan sebagai suatu sistem komunikasi data antarkomputer. jaringan komputer yang paling sering ditemukan adalah LAN (Local Area Network). LAN menghubungkan komputer-komputer yang berada dalam suatu areal atau lokasi tertentu, seperti kantor, sekolah, warnet, dan lain-lain.
   Gambaran sederhana dari Internet adalah beberapa komputer yang dihubungkan satu sama lain sehingga membentuk suatu jaringan dan kemudian sejumlah jaringan tersebut digabungkan dengan dihubung-hubungkan lagi sehingga menjadi Internet. Jadi, pengertian Internet secara umum menurut bahasa adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem. sedangkan, pengertian dari Internet secara khusus adalah suatu jaringan komputer yang paling besar di dunia karena menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia ini. ringkasnya, Internet adalah jaringan komputer global, sedangkan jaringan komputer lokal (LAN) adalah Intranet.
   Internet berasal dari impian seorang psikolog di Massachusetts Institute of Technology yang bernama J.C.R. Licklider yang lahir pada tahun 1915. Ia meninggal tahun 1990. Impian tersebut terwujud setelah ia bekerja di Advanced Research Project Agency (ARPA) di Pentagon. Internet dikembangkan dalam suatu penelitian militter Amerika Serikat yang disebut Advanced Research Project Agency Network (ARPANet). ARPANet menghungkan pusat-pusat penelitian yang ada di universitas-universitas di Amerika Selatan. Tujuannya adalah untuk menghadapi kemungkinan terjadinya serangan nuklir karena sifat jaringan Internet tidak mudah dilumpuhkan hanya dengan merusak satu titik pusat layanan.

sumber: BSE Satelit TIK karya Novyan Siswanto dan Akfen Efendi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar